Apa Itu Hang Seng Index ?

Indeks Hang Seng Index (disingkat: HSI) adalah sebuah indeks pasar saham berdasarkan kapitalisasi di Bursa Saham Hong Kong. Indeks ini digunakan untuk mendata dan memonitor perubahan harian dari perusahaan-perusahaan terbesar di pasar saham Hong Kong dan sebagai indikator utama dari performa pasar saham di Hong Kong. Ke-42 perusahaan tersebut mewakili 65% dari nilai kapitalisasi seluruh nilai saham yang tercatat pada The Stock Exchange of Hong Kong Ltd. (SEHK). Oleh karena itu naik atau turunnya index HSI merupakan refleksi performance dari keseluruhan saham-saham yang diperdagangkan.
 


Benefit Dalam Hang Seng

Keuntungan melakukan transaksi Hang Seng Index (HSI) dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. HSI mudah dimengerti oleh investor baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih baru di bisnis ini. Sehingga dapat digunakan untuk berbagai motif investasi seperti risk management atau sebagai peluang investasi.
  2. Biaya transaksi yang relatif rendah.
  3. HSI futures dan option adalah produk terdaftar dan dijamin oleh HKFE Clearing Corporation (HKCC) sebagai subsidiary dari Hong Kong Futures Exchange (HKFE).

Keuntungan tidak hanya bisa diperoleh ketika Index bergerak naik atau positif (up-trend) tetapi juga saat Index bergerak turun atau negative. Ini yang disebut Investasi 2 (dua) arah.

 

J. Hamdani Gunawan

021 – 91915191
0811 – 915191

 

 

 

 

 

Leave a comment